Jenis-Jenis Petir Berbahaya Yang Ada Di Dunia

Jenis-Jenis Petir Berbahaya Yang Ada Di Dunia

Jenis-jenis petir berbahaya ternyata ada banyak. Fenomena ini terjadi di belahan dunia manapun. Petir menyuguhkan pamandangan yang indah sekaligus menyeramkan. Kilatan cahayanya tidak jarang menyuguhkan warna-warna yang indah. Namun dibalik itu semua, kekuatannya yang dahsyat siap menghabiskan apa saja yang dilaluinya. Inilah lima dari jenis-jenis petir dan gambarnya paling berbahaya di dunia.

  1. St. Elmo’s Fire

Jenis-jenis petir St. Elmo’s Fire ini dulus sering dijumpai oleh para pelaut seperti Columbus. Para pelaut melaporkan adanya fenomena alam ini merupakan petunjuk adanya badai petir dahsyat. Benjamin Franklin adalah orang yang pertama kali dapat menjelaskan fenomena alam ini lebih baik. Menurutnya, fenomena alam ini terjadi karena adanya angin topan bermuatan listrik yang terjadi karena adanya gas yang memiliki voltase yang sangat tinggi. Tetapi sulit membedakan antara fenomena St Elmo’s Fire dan Petir Boom.

St-Elmos-Fire

 

  1. Multiple Strikes And Long Exposure

Badai petir ini merupakan salah satu dari jenis-jenis petir berbahaya yang ada, karena memiliki banyak jalur utama yang bertenaga sangat besar terjadi yang bersamaan di suatu tempat. Jika dilihat, cahayanya sangat terang dengan jumlah kilat yang sangat banyak. Petir ini memiliki dampak sangat mematikan.

Multiple-Strikes-And-Long-Exposure

  1. Mind Blowing Beauty

Ini adalah petir yang cantik, karena memancarkan warna-warna yang dapat berbeda beda tergantung dengan kondisi cuacanya. Oleh sebab itu merupakan salah satu dari jenis-jenis petir berbahaya yang cantik. Warna petir ini dipengaruhi oleh debu, kabut dan cuaca, apakah sore, pagi atau siang hari.

Mind-Blowing-Beauty

  1. Petir Re Strike

Ini merupakan salah satu dari jenis-jenis petir paling berbahaya, dimana terjadi sambaran petir yang sangat kuat yang diikuti oleh sambaran petir berikutnya di tempat yang sama. Petir ini dapat terdiri dari beberapa petir individu yang terjadi bersamaan dan menyebabkan “stroble light” yaitu terjadinya petir yang hampir bersamaan dalam jeda hanya 40 milidetik.

petir-re-strike

  1. Vulcanic Triggered Lighting

Adalah salah satu dari jenis-jenis petir yang terjadinya karena letusan gunung berapi. Jika letusan gunung berapi sangat besar, dimana material dan gas dimuntahkan oleh gunung berapi dapat memicu terjadinya petir. Oleh sebab itu, pada saat gunung meletus biasanya kita juga mendengar dentuman petir yang bertubi-tubi.

Vulcanic-Triggered-Lighting

Dari jenis-jenis petir yang ada masih ada lagi macam petir lainnya. Di  Amerika, tiap tahun selalu ada orang meninggal akibat tersambar petir oleh petir deadly. Jika tidak mematikan, manusia yang terkena petir akan cacat permanen. Kalo disana pastinya bukan karena kurangnya kelengkapan instalasi petir. Namun jenis-jenis penangkal petir yang ada tidak cukup mampu menangkalnya karena memang petir itu sangat kuat sehingga akan sangat sulit ditangkal.

Cara penanggulangan petir yang paling baik adalah dengan memasang alat penangkal petir dan arrester petir. Kemudian jangan lupa banyak berdoa, terutama jika ada badai petir. Sebab, penyebab petir menurut Islam adalah suara malaikat dan cambuknya. 

Jika anda membutuhkan ahli petir professional, hubungi kami.

BACA JUGA:

Tips Dan Cara Menghindari Petir Dimanapun

Sistem Proteksi Petir Pada Bangunan Gedung

Penyebab Terjadinya Petir Dan Kilat Secara Singkat

Jasa Ahli Pasang Penangkal Petir

Bahaya Petir Bagi Manusia Dan Perangkat Elektronik

© 2004 - 2017 DCT Group Company